Selasa, 10 Januari 2012

4 Manfaat Latihan Beban Untuk Wanita

Sepanjang masa, latihan beban identik untuk laki-laki saja! Dalam bayangan kita terbangun image sekumpulan laki-laki memakai bikini kecil, melenggak-lenggok diatas panggung dengan tubuh disemir dan minyak mengkilat terkena sorotan lampu memamerkan detil otot seperti algojo! Tapi hari ini saya menulis untuk memberi pemahaman bahwa mereka adalah contoh ekstrim dari cabang binaraga. Walaupun mungkin kelihatan sama persis, tidak ada hubungannya dengan kesehatan atau kebugaran.

Jadi apa sebenarnya manfaat latihan beban untuk wanita?


1. Latihan beban mempercepat metabolisme anda yang mengarah kepada peningkatan pembakaran lemak. Menggabungkan kardio dan latihan beban akan mempercepat pembakaran lemak tubuh, daripada cuma kardio saja. Jaringan otot membakar kalori bahkan ketika kita tidur, sehingga semakin banyak otot yang anda miliki maka semakin banyak pula lemak anda yang akan terbakar.

2. Latihan beban melawan osteoporosis. Melatih otot-otot anda dengan intens, akan meningkatkan kepadatan tulang dengan cara memberikan tekanan pada tulang tempat otot-otot yang dilatih melekat.

3. Latihan beban meningkatkan keseimbangan tubuh. Dengan latihan beban, anda tidak hanya membangun otot dan tulang yang lebih kuat, tetapi juga menguatkan tendon dan ligamen. Ketika anda menjadi lebih kuat, anda juga menjadi lebih mengkoordinasi tubuh dan dengan demikian kecil kemungkinannya untuk jatuh dan melukai diri sendiri. Kalaupun anda terjatuh, anda memiliki jaringan otot yg bertindak sebagai pelindung untuk tulang dan sendi.

4. Latihan beban meningkatkan percaya diri! Dengan berkurangnya lemak tubuh dan meningkatnya mass otot. Jaringan otot akan membuat kulit anda lebih kencang, dengan tidak adanya lemak dibawah lapisan kulit yang menggelambir. Hal ini juga akan mencegah kulit terlihat kusam karena peredaran darah yang lancar. Anda akan merasa energik dan percaya diri. Dan pastinya, latihan beban bisa memperbaiki postur tubuh Anda!
Ketika merancang program latihan anda, pastikan latihan beban sudah menjadi bagian yang dikombinasikan dengan latihan kardio anda untuk hasil yang maksimal. Kunjungi dokter untuk mengkonsultasikan kesehatan anda, dan kemudian minta personal trainer yang ada untuk mengatur program latihan yang cocok untuk anda.

Jadi jangan ragu-ragu….Selamat Berlatih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar