Selasa, 10 Januari 2012

Teknik Latihan Untuk Melawan Lemak Membandel

Ironis! Membuang lemak yang tidak diinginkan jauh lebih rumit daripada sekedar mengurangi asupan kalori dan menambahkan beberapa sesi kardio setiap minggu. Masalahnya terletak pada sistem genetik kita yang sudah diprogram sejak dulu kala, membuat menyingkirkan lemak jauh lebih rumit dari yang kita ingin. Ketika kita mulai untuk mengurangi asupan dan membakar kalori lebih banyak, tubuh kita berpikir bahwa kita sedang menghadapi kekurangan makanan. Sebagai reaksi, tubuh merespon dengan melepaskan banyak hormon yang dirancang untuk menghemat energi dan memastikan kita punya cadangan lemak untuk persediaan selama “masa kelaparan” yang akan datang.
 
Reaksi hormon itu tentu saja sangat merugikan bagi kita yang sedang dalam program fatloss. Ada tiga hormon khusus yang menghambat hilangnya lemak, yaitu; estrogen, insulin dan kortisol. Ketika kita melakukan diet dan olahraga untuk mengurangi lemak yang tidak diinginkan, hal itu juga yang memicu pelepasan hormon-hormon tadi. Dan ketika dilepaskan, masing-masing hormon memberi perintah untuk tubuh supaya menambah / menahan cadangan lemak, terutama di sekitar daerah pinggang! Kabar baiknya adalah; bahwa kita bisa 'melawan hormon dengan hormon' dan memanipulasi sistem metabolisme kita untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam proses menghilangkan lemak tadi.
Rahasia ialah mengetahui musuh untuk setiap “hormon buruk”, dan melawannya dengan “hormon baik”. Sebagai contoh, testosteron adalah 'kebalikan' dari estrogen. Testosteron adalah hormon pertumbuhan laki-laki dan estrogen adalah hormon pertumbuhan perempuan. Jadi untuk memerangi efek penyimpanan lemak yang dilakukan oleh estrogen, kita harus meningkatkan jumlah pelepasan testosterone dalam tubuh kita. Simple bukan.



Kita punya beberapa cara alami dapat meningkatkan jumlah testosterone yg dilepas dalam tubuh kita. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan latihan beban. Latihan beban secara teratur telah terbukti menjadi teknik yang sangat baik untuk merangsang produksi testosteron. Intensitas latihan dalam satu sesi juga berpengaruh besar, dalam hal ini anda dapat lakukan dengan mengangkat beban yang lebih berat, melakukan repetisi yang lebih banyak atau dengan mengurangi waktu istirahat antara set.

Untuk melawan lemak membandel di sekitar bagian tengah tubuh, anda harus dapat meningkatkan intensitas latihan dengan teknik circuit training yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Perbedaan utama antara teknik latihan ini dengan circuit training lainnya adalah, bukan cuma berfokus pada jumlah repetisi. Anda melakukan repetisi sebanyak yang anda bisa dalam jangka waktu tertentu untuk set pertama. Kemudian anda meningkatkan berat beban dan jumlah repetisi sekaligus untuk set kedua.

Demikian juga, ada latihan teknik yang dapat anda lakuka untuk memerangi insulin dan pengaruhnya dalam penyimpanan lemak tubuh. Di sini teknik latihan fokus pada peningkatan sensitivitas insulin dan meningkatkan hormon Insulin Growth Factor 1 (IGF-1), yang melawan efek insulin. Latihan yang dinamis berdasarkan kombinasi beberapa gerakan latihan sangat efektif dalam meningkatkan jumlah IGF-1 dalam aliran darah. Semakin tinggi jumlah IGF-1, maka resistensi insulin semakin ditekan dan meningkatkan kapasitas dalam pembakaran lemak tubuh.

Kita juga dapat memerangi efek kortisol menyimpan lemak dengan meningkatkan produksi Hormon Pertumbuhan / Growrh hormone (GH) dalam tubuh kita. GH adalah senyawa yang paling berperan penting dalam tubuh kita untuk menghilangkan lemak sekaligus menambah massa otot. Semakin banyak GH yang diproduksi tubuh, maka semakin banyak pula lemak terbakar dan massa otot yang lebih padat ditambahkan.
Seperti dua hal yang dijabarkan sebelumnya dalam melawan lemak, teknik latihan tertentu merangsang produksi GH. Teknik latihan asam laktat adalah salah satu yang sangat efektif. Asam laktat inilah yang menyebabkan efek ‘pump / 'terbakar' yang kita rasakan ketika latihan dengan keras. Bagi beberapa orang yang tidak terbiasa, mungkin efek pump tersebut tidak nyaman atau bahkan mengganggu. Tapi ingat benefit yang akan anda dapatkan. Anda dapat meningkatkan pelepasan asam laktat dengan cara mengangkat beban dengan perlahan dan kemudian menurunkannya kembali ke posisi awal dengan cepat (hati-hati dan terkontrol tentunya). Cara lain untuk meningkatkan produksi GH dan mengurangi produksi kortisol adalah dengan tidur. Ya, istirahat yang cukup dan baik pada malam hari memicu produksi GH sekaligus mengurangi produksi kortisol. Enak sekali bukan!

Disini Anda telah memiliki tiga teknik latihan untuk melawan lemak membandel, untuk mendapatkan hasil seperti yang Anda inginkan. Masukkan ini dalam program latihan Anda dan Anda akan mampu melawan hormon dengan hormon dan memenangkan pertempuran melawan lemak membandel.
Untuk para wanita, jangan takut untuk memulai latihan beban ya….

2 komentar:

  1. Masalahnya skr ini semua wanita berpikir apabila lat beban maka nantinya akan berotot dan seperti laki jadi lbh bail lat bebannya seminimal mungkin, bagaimana menjelaskan permasalahan ini kepada teman wanita kita ttg angkat beban?

    BalasHapus
  2. hmm gini bro, latihan beban pada wanita itu ga cuma buat gedein lengan tapi juga mengencangkan lengan dan otot-oto lainnya . . jadi cewek-cewek / para perempuan tak perlu takut berlatih ;)

    BalasHapus