Selasa, 24 Januari 2012

Menjadi Personal Trainer

Buat apa menjadi seorang Personal Trainer? Sebagai personal trainer berkualifikasi, ada dua keuntungan yang didapatkan. Satu, sebagai pilihan karir. Dan kedua, mendapat banyak pahala karena membantu orang mencapai tubuh sehat yang lebih ideal.
Akibat banyaknya masyarakat yang mempunyai kesadaraan akan manfaat olahraga dan gaya hidup sehat, permintaan akan personal trainer telah meningkat secara dramatis beberapa tahun terakhir ini. Mungkin tujuannya hanya sekedar pendidikan kesehatan, atau program latihan, bisa juga perubahan gaya hidup sehat yang ingin diterapkan, maka semakin banyak orang yang mencari jasa personal trainer untuk mencapai goal mereka dan menjaga kesehatan.

Mengambil Kualifikasi yang diakui!
Agar layak untuk dipekerjakan sebagai seorang instruktur, anda juga perlu untuk mendapatkan pelatihan bersertifikasi dari badan profesional. Kualifikasi personal trainer dari organisasi yang diakui dan terakreditasi memungkinkan anda bebas untuk bekerja di ruang lingkup yang lebih luas, anda juga akan lebih mudah beralih menjadi spesialis dibidang lainnya! Setelah memenuhi syarat anda dengan mudah mencari pekerjaan di klub kebugaran, hotel, spa, kapal pesiar atau bahkan bekerja langsung di rumah klien. Apalagi kalau anda bisa mendapat sertifikat personal trainer yang diakui secara internasional, itu akan memberi anda kemudahan dan kebebasan memilih untuk bekerja dibelahan dunia manapun sebagai personal trainer yang berkualitas. Dengan menyelesaikan pelatihan berkualifikasi tersebut, anda berhak dan dapat memulai bisnis latihan pribadi secara independent ataupun bekerja untuk sebuah perusahaan kebugaran dan organisasi lainnya. Bila merasa cukup mampu, anda juga bisa saja membuka klinik kebugaran sendiri.

Apa yang dibutuhkan untuk mengikuti sertifikasi?
Untuk mengambil sertifikat, biasanya pengalaman anda sebelumnya tidak mutlak diperlukan. Personal trainer memerlukan sejumlah keterampilan yang membantu mereka dan klien mereka, pengetahuan, tetapi tentu saja pengalaman besar akan sangat membantu pada prakteknya nanti. Anda sangat dibutuhkan untuk menjadi motivator yang hebat, membantu klien anda tetap termotivasi untuk menjalankan program dengan benar dan mampu menjadi pendengar yang baik untuk mendiskusikan masalah yang mungkin mereka alami. Anda juga akan perlu untuk menjadi designer program yang baik dan menarik, terutama jika anda bekerja sendiri. dan tentu saja  anda harus aktif mempromosikan layanan anda kepada calon klien.

Pelatihan apa saja yang harus diikuti?
Pengetahuan seorang personal trainer akan mencakup segala sesuatu yang perlu anda ketahui untuk memulai anda sebagai seorang pelatih. Ini akan mencakup anatomi, fisiologi, dan gizi, bersama dengan aspek pelatihan fisik tentu saja. Dalam pelatihan, anda juga akan diajarkan praktek pemasaran yang baik, dan metode analisis untuk membaca data klien dan menyediakan program yang paling efektif bagi mereka secara individual. Ingatlah setiap kursus sertifikasi pastii ada perbedaan, pastikan untuk membaca kurikulum sebelumnya untuk dapat menemukan kursus yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kualifikasi lebih lanjut yang tak kalah pentingnya adalah spesialisi! Hal ini akan membantu meningkatkan CV anda, sehingga anda mampu menawarkan potensi lebih dari pesaing lainnya. Tidak seperti aspek pekerjaan lain pada umumnya, menjadi personal trainer memungkinkan anda bekerja secara fokus sekaligus menyenangkan. Ingat! sebagai seorang personal trainer, penampilan pribadi mutlak anda jaga. bagaimana mungkin orang percaya anda mampu mengubah fisik mereka sementara penampilan anda sendiri tidaklah memadai.

Akhir kata. apabila sudah tercapai nanti, kiranya anda dapat menjaga profesionalitas bekerja sebagai seorang personal trainer. Karena akhir-akhir ini banyak keluhan mengenai profesionalitasme dari personal trainer tersebut! Semoga Sukses.

1 komentar:

  1. Cc kwee, mo nanya donk..

    pelatihan dan sertifikasi apa aja yg perlu dimiliki dan bagaimana caranya agar dapat dikualifikasikan sebagai trainer? Thank u ci.

    BalasHapus