Kamis, 26 Januari 2012

Insomnia


Insomnia adalah suatu masalah ketika anda terbangun dari tidur dan tidak dapat tidur kembali, atau ketika anda kesulitan tidur sama sekali untuk mendapatkan istirahat yang cukup.
Meskipun banyak orang terbiasa dengan keadaan minim tidur setiap harinya, tetapi banyak juga yang harus mendapatkan tidur yang cukup. Kalau tidak, mereka akan merasa sangat lelah pada hari berikutnya. Jika mengemudi atau mengoperasikan mesin maka hal ini bisa menjadi sangat berbahaya.
Mengalami Insomnia untuk jangka waktu yang panjang, maka hal ini dapat memberi dampak lebih lanjut termasuk masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Kebiasaan tidur terlalu lama juga dapat meningkatkan peluang Anda menjadi gemuk.
Insomnia dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu insomnia primer dan Insomnia sekunder.




 

Insomnia primer tidak memiliki penyebab yang jelas. Sementara Insomnia sekunder adalah ketika orang kesulitan tidur karena disebabkan oleh beberapa masalah mendasar. Ini bisa terjadi karena kondisi kesehatan atau masalah psikologis seperti kesedihan dan depresi.
Kadang-kadang insomnia hanyalah masalah jangka pendek. Jika anda memiliki masalah tidur selama beberapa hari, atau sampai sekitar empat minggu, maka yang anda hadapi adalah insomnia jangka pendek. Tetapi jika anda memiliki masalah tidur selama lebih dari empat minggu berarti anda sudah mengidap insomnia jangka panjang (atau insomnia kronis).
Survey menuliskan bahwa satu dari empat orang menderita insomnia pada beberapa titik dalam hidup mereka. Insomnia lebih sering ditemui pada wanita dibandingkan pria. Dan saat anda bertambah tua, kemungkinan anda untuk mengalami kesulitan tidur juga bertambah. Separuh dari orang diatas usia 65 menderita insomnia pada beberapa waktu.

Berikut beberapa tips untuk melawan Insomnia
  • Jangan minum minuman dengan kafein di sore atau malam hari
  • Hindari alkohol pada larut malam, dan kurangi konsumsi alkohol secara keseluruhan. Karena orang yang terbiasa, akan sulit tidur tanpa mengkonsumsi alkohol.
  • Demikian juga halnya dengan nikotin. Sebisa mungkin hindari nikotin di sore dan malam hari. Lebih baik lagi kalau anda berhenti sama sekali.
  • Berolahraga secara teratur, tetapi hindari aktifitas berat beberapa jam sebelum tidur.
  • Jangan tidur siang, apalagi kalau anda kurang aktifitas!
  • Cobalah mandi air hangat beberapa saat sebelum anda pergi tidur, ini akan membuat anda lebih nyaman.
  • Kalau anda tidak dalam keadaan diet tertentu, cobalah untuk minum susu sesaat sebelum tidur.
  • Dengarkan musik yang menenangkan untuk membantu anda rileks sebelum anda pergi tidur.
  • Cobalah untuk membuat rutinitas sehari-hari untuk membentuk pola tidur anda sendiri. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi.
  • Jangan makan makanan berat dan mengenyangkan, terutama dalam beberapa jam sebelum anda tidur.
  • Jika anda tidak bisa tidur, jangan berbaring sambil memikirkan hal itu sampai anda stres sendiri. Bangunlah dan anda bisa membaca sampai anda merasa mengantuk. Jika anda tidak suka membaca, carilah hal lain yang bisa membuat anda lebih santai. Satu aturan penting untuk tidak menonton televisi, karena hal ini dapat merangsang pikiran anda (walaupun itu mungkin tergantung pada akhir acara yang anda tonton)
  • Akhiri hari anda tepat sebelum anda pergi tidur. sehingga anda tidak perlu berbaring sambil mengkhawatirkan tentang apa yang belum anda lakukan. Catat setiap kekhawatiran tentang hari berikutnya sebelum anda pergi tidur. Hal ini dapat membantu untuk membersihkan pikiran anda dan mencegahnya teringat lagi pada dini hari.
  • Pastikan suhu kamar tidur anda tepat, tidak terlalu panas atau dingin.
  • Cobalah untuk menghindari tidur di ruangan yang terlalu bising, atau dekat dengan sesuatu yang berisik. Jika perlu mempertimbangkan untuk memakai penyumbat telinga.
  • Atur kadar cahaya diruang tidur anda. Jangan terlalu terang, atau beberapa orang juga sulit tidur jika terlalu gelap. Pertimbangkan juga warna tirai kamar, kalau perlu gunakan masker mata.
  • Pakailah kasur yang mendukung kenyamanan anda ditempat tidur.
  • Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur dan seks. Tidak menggunakannya untuk bekerja, membaca atau menonton televisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar