Selasa, 10 Januari 2012

Olahraga Dan Kehamilan

Berikut ini adalah fakta yang harus diketahui tentang olahraga dan wanita hamil:

1. Mitos seputar olahraga dan kehamilan:
Olahraga selama kehamilan diduga sebagai penyebab keguguran, ketidakseimbangan hormon, tekana pada sendi yang tidak seharusnya, mengarahkan aliran darah ke otot sehingga mengurangi pasokan darah untuk janin, keadaan janin yang terlalu panas, perdarahan rahim, bergeser dan pecahnya plasenta, tali pusar sembrawut, posisi sungsang, tekanan darah tinggi, genetik yang abnormal pada bayi, menghambat pertumbuhan, cairan ketuban bernoda, persalinan prematur, persalinan lebih lama daripada yang seharusnya, berat badan bayi yang lahir rendah, berbagai kesulitan bayi lainnya setelah lahir, dan pemulihan ibu sulit setelah melahirkan.

2. Bagaimana dengan kebenaran mitos tersebut:
Sudah banyak sekali mitos-mitos tentang olahraga dan kehamilan yang diketahui tidak benar! Karena dunia medis modern telah melakukan riset dan penelitian yang membuktikan bahwa itu hanyalah sebatas mitos belaka.

3. Bagaimana olahraga mempengaruhi janin wanita:
Saat ini, semua studi medis menunjukkan efek positif pada janin akibat pengaruh dari berolahraga selama kehamilan. Hanya sedikit sekali komplikasi yang terjadi selama kehamilan ketika berolahraga. Janin wanita menjadi lebih lean, lebih sehat dan lebih mampu beradaptasi dan menangani stres.

4. Peran hormon kehamilan:
Berikut ini adalah enam hormon yang diproduksi selama kehamilan dan fungsinya:
A. Relaxin, adalah hormon yang melembutkan tulang rawan dan ligamen yang mendukung sendi untuk mempersiapkan tubuh agar persalinan lebih mudah.
B. Androgen, adalah hormon yang ada pada pria. Membantu memberikan kekuatan lebih kepada wanita hamil, energi, dan dorongan seks,
C. Progesteron adalah hormon yang mendukung pertumbuhan janin, rahim, payudara, dan bahkan mempercepat metabolisme. Progesteron juga bertanggung jawab untuk akumulasi lemak yang melindungi rahim selama trimester pertama dan kedua;
D. Estrogen adalah hormon yang bekerja sama dengan progesteron untuk menjaga kehamilan. Pada kehamilan, estrogen membuat rahim lebih elastis, melembutkan sendi, mempertahankan cairan ketuban, dan meningkatkan ukuran payudara.
E. HCG (human chorionic gonadotropin), adalah hormon yang diproduksi oleh plasenta untuk merangsang ovarium untuk menghasilkan estrogen dan progesterone.
F. Insulin, suatu hormon yang memungkinkan glukosa untuk memasuki sel-sel otot, dapat menyebabkan hipo atau hiperglikemia pada wanita hamil jika kadar gula darah tidak dikontrol dengan diet yang tepat.

5. Diastasi / Pemisahan perut:
Pemisahan perut terjadi ketika otot-otot perut yang membentang keluar, seperti pada kehamilan. Diastasis adalah ruang di daerah perut pertengahan. Pemisahan seperti ini biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga dan tidak menimbulkan rasa sakit.

6. Fenomena pusing dan pingsan pada wanita hamil:
Ketika seorang ibu hamil merasa pusing atau pingsan, biasanya ini terjadi akibat sirkulasi yang buruk. Sirkulasi buruk ini bisa terjadi akibat darah yang mengumpul pada kaki karena terlalu lama berbaring atau berdiri.

7. Mengatasi rasa pusing:
Gunakan kaki anda, bergerak untuk membantu memompa darah dengan cara berjalan berkeliling sesaat. Ingatlah untuk sering makan dan jangan pergi lebih dari empat jam tanpa membawa bekal makanan.

8. Utama alasan untuk tidak berolahraga selama kehamilan:
Para pakar kehamilan merekomendasikan bahwa wanita yang sedang hamil tidak perlu latihan jika kondisi tertentu atau faktor beresiko lainnya ada. Seperti kelainan jantung, pembuluh darah, paru-paru, dan / atau penyakit tiroid. Kontradiksi lain termasuk diabetes, kejang, obesitas, hipertensi, anemia, sakit pada punggung, sendi, dan otot.

9. Hipertensi akibat kehamilan:
Seorang wanita yang menderita hipertensi semasa kehamilan, berisiko tinggi dan tidak harus mengambil bagian dalam program latihan rutin. Beberapa latihan ringan dan lambat bisa dilakukan seperti berjalan kaki.

10. Metode terbaik mengukur intensitas latihan bagi wanita hamil:
Kenyataannya, detak jantung istirahat seorang wanita hamil dapat naik hingga dua puluh lebih tinggi dari denyut normal. Jadi mengukur intensitas latihan dengan denyut jantung tidak bisa dijadikan acuan. Tenaga yang dirasakan dirilah yang harus digunakan untuk mengukur intensitas latihan, karena tidak seorangpun mengetahui kemampuan selain ibu itu sendiri.

11. Sepuluh pedoman latihan untuk pemula:
A. Mulai perlahan-lahan dan secara bertahap meningkatkan intensitas latihan.
  1. Konsultasikan dengan dokter, dan mendapatkan izin tertulis sebelum memulai program latihan apapun.
  2. Setelah selesai latihan, lakukan pendingin dan peregangan  secara perlahan-lahan dan hati-hati.
  3. Dengarkan tubuh anda sendiri dan ubah program sesuai keinginan / kemampuan anda.
  4. Sering gerakkan kaki Anda dan berjalan berkeliling disela latihan.
  5. Jangan berolahraga dalam cuaca panas atau lembab.
  6. Selalu menjaga postur tubuh yang tepat, keselarasan, dan control pada otot.
  7. Hindari latihan interval.
  8. Pastikan kondisi fisik anda dalam keadaan prima sebelum memulai program latihan apapun.

12. Manfaat melatih kekuatan selama kehamilan:
Latihan beban akan meningkatkan otot dan tenaga. Dengan memberi beban tambahan selama latihan kehamilan, maka akan meningkatkan stabilitas, keseimbangan, energi, rasa aman dan percaya diri. Ambang batas untuk rasa nyeri / sakit juga akan ditingkatkan.

13. Olahraga yang harus dihindari selama kehamilan:
Yaitu olahraga permainan dan berlebihan seperti; senam, sepatu roda, sepakbola, voli dll.

14. Tiga latihan yang harus masuk kedalam program latihan
Latihan Kegel, latihan perut, dan latihan otot panggul.

15. Bagaimana melatih Kegel, perut, dan panggul:
Melatih kegel dapat divisualisasikan mulai dari dasar panggul, yaitu anus. kontraksikan otot-otot di sekitar anus dengan kuat. Setelah melakukan beberapa kali, fokus pada otot sekitar pembukaan vagina. Tahan kontraksi dengan erat dan kemudian relaks. Lalu kontraksikan dan tarik perineum (daerah yang terletak antara paha, anus dan vagina), tahan selama mungkin kemudian lepaskan. Ingat untuk menghembuskan napas saat anda berkontraksi / menarik, dan tarik napas saat anda melepaskan / rileks. 
Melatih perut. Mulailah dengan duduk dengan kaki lurus disilangkan ke dinding atau tempat tidur anda. Tarik napas dan biarkan paru-paru anda berkembang dipenuhi udara. Kendurkan otot-otot perut. Buang napas dan kontraksikan otot perut kuat-kuat. Ulangi untuk sepuluh sampai lima puluh repetisi untuk dua set. 
Melatih panggul. Latihan ini dapat dilakukan telentang, berdiri, duduk, sisi berbaring, merangkak, atau pada bola. Mulailah dengan duduk pada bola dan perlahan geser tubuh anda sampai bahu / kepala berada pada sisi bola. Tarik otot perut dan kontraksikan otot paha Anda kemudian memiringkan panggul ke depandan perlahan putar punggung bawah sambil menghembuskan nafas. Lakukan sepuluh repetisi untuk dua set.


16. Tiga latihan untuk punggung bawah:
Latihan mengangkat panggul, latihan merangkak dan latihan menyentuh kedua jempol kaki anda.

17. Faktor fisik dan psikologis pada masa istirahat:
Memasuki dua puluh satu hari menjelang kelahiran, perlu istirahat total, kondisi fisik berkurang. Efek psikologis termasuk depresi, kecemasan, rendah diri, dan mentalitas negative pasti ada.

18. Walaupun kelihatan aman, tapi wanita hamil masih dianggap berisiko tinggi terhadap hal-hal dibawah ini:
antara lain; hipertensi kronis, tiroid, jantung, penyakit pembuluh darah, atau paru-paru, janin dalam posisi sungsang, anemia, dan ibu mengandung bayi kembar.

19. Manfaat melatih postur tubuh, peregangan, relaksasi, pernapasan, dan yoga
Melatih postur yang baik akan mengurangi ketegangan pada struktur tulang. Yoga and stretching lengthen the muscles, improve posture, and aid in relaxation. Peregangan dan yoga membantu relaksasi otot. Teknik pernapasan membantu memperluas kapasitas paru-paru, membantu untuk mengimbangi tekanan dari rahim yang mendekati paru-paru.

20. Saran untuk wanita yang mengalami nyeri leher dan bahu:
Latihlah dengan memperkuat punggung atas dan leher. Peregangan dada. Lakukan juga peregangan leher ke depan, ke samping, dan gerakkan setengah lingkaran dari satu bahu ke yang lain. Gunakan kasur lembut. Kenakan bra di malam hari. Lakukan pemijatan leher dan bahu. Latih pergerakan pinggul. Untuk sakit parah, berjalan dengan tongkat penyangga sampai kehamilan berakhir.

21. Konsultasikan posisi yoga yang baik dengan instruktur anda.

22. Melatih Pernapasan diafragma:
Duduklah dengan nyaman di kursi sambil memegang pusar dengan kedua tangan. Tarik nafas dalam dan berkonsentrasi menghirup udara dengan lambat, membiarkan dada dan rongga perut isi dengan udara. Kemudian hembus udara keluar perlahan-lahan, dan rasakan perut mengempis.

23. Menjaga kadar lemak tubuh sebelum dan / atau selama kehamilan:
Wanita memiliki lemak tubuh yang sangat rendah sebelum dan / atau selama kehamilan, produksi estrogen juga menurun, yang bisa menyebabkan kemandulan atau bahkan keguguran. Jika lemak tubuh sangat terbatas, sang ibu akan menggunakan sumber protein untuk energi dan dapat menghambat perkembangan dari sang bayi.

24. Kenaikan berat badan pada wanita hamil:
Empat puluh persen kenaikan berat badan berasal dari bayi, sedangkan enam puluh persen adalah kenaikan berat badan ibu. Kebanyakan kenaikan berat badan tersebut adalah cairan. Sebagian besar ibu menyimpan lemak yang diperlukan secara internal dan eksternal di daerah panggul dan perut selama trimester pertama. Sementara pada bayi, sel lemak akan terakumulasi dengan sendirinya selama sepuluh minggu terakhir kehamilan.

25. Mengidam:
Ngidam adalah reaksi fisik untuk hormon dan perubahan lain pada tubuh yang dialami oleh ibu. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya kadar estrogen dan pada akhirnya meningkatkan sensitifitas terhadap bau tertentu yang dapat menyebabkan rasa mual. Asupan tinggi karbohidrat kompleks dan protein dapat membantu menurunkan mual. Makan porsi kecil dengan frekwensi yang lebih sering juga akan membantu. Vitamin B6 juga dianjurkan untuk mengurasi efek ngidam.

26. Wanita hamil harus menghindari pengecatan rambut dan bahan kimia:
sangatlah penting bagi wanita hamil untuk tidak menggunakan pewarna rambut dan bahan kimia lainnya karena mereka dapat menjadi racun bagi bayi yang belum lahir. Jadi jangan menghirup bahan kimia atau membiarkannya menyentuh kulit.

27. Konsumsi air selama kehamilan.:
Seorang wanita hamil harus minum setidaknya 10 gelas air sepanjang hari untuk menghindari dehidrasi akibat meningkatkan suhu tubuh. Peredaran darah yang lambat dan lambatnya aliran nutrisi ke bayi, dapat menyebabkan persalinan prematur.

28. Persedian vitamin adalah sangat penting selama kehamilan
Sebelum kehamilan, persedian asam folat adalah vitamin yang paling penting. Tubuh perlu memiliki cukup persediaan asdam folat sebelum implantasi telur yang dibuahi untuk mencegah deformasi tulang belakang dan otak yang disebut efek tabung saraf.

29. Mempertimbangkan kembali konsumsi susu selama kehamilan.
Terlepas dari faedahnya. Susu segar, non fat ataupun full cream, mungkin bisa memperburuk atau memberikan kontribusi terhadap berbagai masalah, seperti penyakit jantung, kanker, artritis, migrain / sakit kepala, alergi, pilek, asma, infeksi telinga, tiroid dan masalah metabolisme, perilaku masalah, masalah kulit, retensi cairan, kembung, kram perut, dan osteoporosis.

30. Lima manfaat dari berolahraga selama kehamilan:
Latihan, selama kehamilan, meningkatkan volume darah, volume ruang jantung, pernafasan yang maksimal, pertumbuhan pembuluh darah, kemampuan untuk mengusir panas, dan pengiriman oksigen dan nutrisi ke jaringan.

31. Kepadatan tulang, integritas otot dan ligamen selama kehamilan:
Selama kehamilan kepadatan tulang dipertahankan, ligament rileks sementara fungsi otot tidak jelas.

32. Beberapa isu-isu awal kehamilan:
Beberapa isu-isu awal kehamilan termasuk keguguran dan cacat bawaan. Keguguran pada dasarnya aborsi spontan dari janin dan umum ditemui. Cacat bawaan adalah karena perkembangan abnormal dari plasenta.

33. Langkah-langkah untuk menghindari keguguran:
Tetap cukupi cairan, tingkatkan frekwensi makan sepanjang hari, dan berolahraga secara teratur.

34. Bagaimana olahraga mempengaruhi kesuburan:
Latihan belum terbukti menurunkan kesuburan pada wanita, tapi sebenarnya sedikit meningkatkan kesuburan.


35. efek fisiologis dari program olahraga selama kehamilan:
Memulai program kebugaran secara teratur selama kehamilan dapat meningkatkan berat badan kelahiran bayi. Mulai latihan di bulan kedua mengurangi berat badan dan massa lemak bayi yang baru lahir, jika latihan yang dilakukan intensitas dan frekuensinya sangat tinggi.

36. Olahraga teratur dan kelahiran prematur:
Melakukan latihan secara teratur akan meningkatkan kekuatan kehamilan. Mencegah hal buruk seperti pecah ketuban atau kelahiran prematur.

37. Wanita hamil yang aktif:
Wanita yang berolahraga cenderung lebih kurus baik selama dan setelah kehamilan. Wanita yang aktif juga pulih lebih cepat daripada wanita yang tidak aktif.

38. Dapatkah wanita terus berolahraga sepanjang masa kehamilan:
Ya, perempuan dapat terus berolahraga sepanjang kehamilan mereka dan memang seharusnya! tetapi jika olahraga tiba-tiba diberhentikan di tengah kehamilan, bayi bisa menjadi "gemuk" dibanding bayi normal lainnya. Hal ini seharusnya tidak terjadi jika olahraga teratur dilanjutkan sepanjang kehamilan.

39. Manfaat psikologis olahraga untuk wanita hamil:
Wanita hamil yang berolahraga secara teratur cenderung mempertahankan sikap positif tentang diri mereka, kehamilan mereka.

40. Poin positif untuk terus melakukan olahraga:
Ingat setelah anda melewati masa kehamilan, anda akan lebih ramping dibandingkan kebanyakan wanita pasif jika anda terus berolahraga secara teratur sepanjang kehamilan. Tidak hanya itu, bayi anda akan menjadi lebih kuat, lebih lean, dan lebih mampu beradaptasi dengan lingkungannya.

41. Empat besar kontra-indikasi untuk latihan:
Empat besar kontra-indikasi untuk latihan adalah cedera, penyakit, nyeri, dan pendarahan.

42. Melakukan olahraga yang spontan setelah melahirkan:
Ada banyak wanita aktif yang kembali berolahraga dalam dua minggu setelah kelahiran anak mereka. Tidak ada masalah untuk segera latihan setelah kehamilan jika tidak menyakiti atau membuat pendarahan. Ingat untuk awalnya lakukan dengan perlahan.

43. Poin penting untuk latihan selama enam minggu pertama setelah melahirkan:
Wanita harus berolahraga minimal 3 kali seminggu, setelah latihan harus merasa lebih baik dan meningkatkannya rasa sejahtera dalam diri sendiri, apabila merasa tidak nyaman, segera hentikan sampai anda merasa mampu lagi. Dan yang terpenting, jangan lupa istirahat yang cukup.

44. Kunci aturan untuk latihan setelah kehamilan:
Pastikan anda olahraga yang cukup TANPA BERLEBIHAN, jangan pernah abaikan rasa sakit walapun rasa sakit itu kecil.

45. Tiga "kontra-indikasi” olahraga yang harus diwapadai setelah kehamilan:
Perdarahan berlangsung selama beberapa jam. Jika terasa sakit dimana saja, segera hentikan latihan anda. Perhatikan juga adanya tanda-tanda infeksi atau kelainan pada payudara.

46. Instruksi penting demi sang ibu dan bayi:
Fokus mengamati kinerja, kesejahteraan, dan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Salah satu yang harus diperhatikan adalah produksi susu. Apabila berkurang, kurangi juga aktifitas olahraga anda atau tambah asupan nutrisi anda.

47. Olahraga terbukti menjadi penghilang stres:
Hanya dengan berjalan kaki beberapa kali dalam seminggu dapat meningkatkan mood anda dan mempersiapkan tubuh akan adanya perubahan yang terjadi pada kehamilan. Bukan cuma berjalan, kegiatan aerobik lain juga membantu meredakan stres.

48. Stabilitas:
Stabilitas adalah kemampuan tubuh untuk mempertahankan atau kembali ke keadaan seimbang. Berolahraga sebelum, selama, dan setelah kehamilan membantu untuk meningkatkan stabilitas.

49. Melatih otot "pindah dari inti"
Ungkapan "bergerak dari inti" mengacu pada saat otot dalam tulang belakang dan otot-otot perut (core muscle) yang mendukung tulang belakang. Ketika otot-otot tersebut mulai “agak terganggu” dengan membesarnya kehamilan, otomatis otot lain yang disekitarnya akan membantu fungsi otot inti tersebut.

50. Mengapa latihan kegel sangat penting bagi ibu hamil:
Latihan Kegel membantu untuk menguatkan otot panggul, yang kembali membantu untuk mencegah kebocoran urin selama dan setelah kehamilan, serta memulihkan otot setelah melahirkan. Jika seorang wanita hamil menghindari latihan yang memperkuat otot-otot dasar panggul, ia mungkin mengalami masalah berupa gangguan usus dan kandung kemih di kemudian hari.

51. Perhatikan sirkulasi darah anda:
Mengumpulnya darah hanya disatu organ tubuh sangat berbahaya, karena perubahan aliran darah menjauh dari organ-organ internal sehingga mengharuskan jantung bekerja ekstra untuk menambah tekanan, hal ini menyebabkan berkurangnya oksigen ke otak dan janin. Apabila ini terjadi, maka dapat menyebabkan wanita hamil merasa pusing luar biasa atau bahkan pingsan. Untuk menghindarinya, sangat penting kaki selalu bergerak ketika anda tidak berolahraga untuk meningkatkan aliran darah kembali ke jantung.

52. Empat perubahan umum selama awal kehamilan:
1. Hormon-hormon kehamilan cenderung untuk memperlambat sistem pencernaan.
2. Tekanan dari rahim yang membesar melemaskan otot-otot dasar panggul.
3. Emosi juga dipengaruhi oleh hormon kehamilan baru.
4. Rahim yang membesar menekan diafragma.

53. Bagaimana cara mengatasi mual pada wanita hamil:
Rasa mual dapat dikurangi dengan melakukan hal berikut: ngemil. sering makan sepanjang hari yang akan membantu mencegah kembung perut sambil memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan. Minum vitamin kehamilan sesudah makan malam. sehingga jika perut anda menolak, saat itu anda sedang tertidur. sediakan biscuit sebagai cemilan di samping tempat tidur untuk berjaga-jaga kalau anda terbangun. Makan makanan yang kaya kalsium. mengisap es batu. Mengisap lemon dan sering memijat tangan anda mulai dari ujung jari sampai pergelangan.

54. Mengurangi sembelit selama kehamilan:
Sembelit bahkan wasir dapat terjadi pada wanita hamil yang disebabkan oleh peningkatan progesterone sehingga memperlambat saluran pencernaan. Oleh karena itu,  minum delapan sampai sepuluh gelas air sehari dan makan makanan berserat tinggi untuk membantu meringankan sembelit. Berolahraga juga membantu untuk meringankan sembelit.

55. Langkah yang harus dilakukan untuk mengurangi kram kaki selama kehamilan:
Penyebab utama dari kram kaki pada ibu hamil akibat terhambatnya sirkulasi, kekurangan kalsium, dan mengkonsumsi minuman karbohidrat terlalu banyak. Untuk mengatasi kram kaki di malam hari, tempatkan bantal di antara lutut untuk membantu meningkatkan sirkulasi. Untuk kram yang disebabkan oleh kekurangan kalsium, pastikan untuk mengkonsumsi jumlah yang cukup atau menkonssumsi suplemen kalsium. Vitamin C juga dapat membantu untuk mencegah kram kaki. Jika Anda merasa kram, gerakkan jari-jari kaki selama mungkin. Jika kram berlanjut atau bahkan terasa panas ketika disentuh, segera konsultasikan ke dokter anda.

56. Tiga tips untuk membantu mengurangi retensi air selama kehamilan:
1. Hindari mengkonsumsi natrium dalam jumlah besar.
2. Sering menggerakkan pergelangan kaki anda membentuk lingkaran setiap harinya.
3. Ketika anda duduk, kalau bisa luruskan kaki anda diatas bangku / kursi.

57. Gusi bengkak sewaktu kehamilan dan cara menanggulanginya:
Ketika hamil, gusi dapat membengkak dan berdarah atau terkadang infeksi membuat rasa tidak nyaman. Untuk mencegah radang gusi sikat gigi minimal dua kali sehari dengan sikat nilon yang lembut. Menggosok gigi baiknya setelah makan dan sebelum tidur. Temui dokter gigi Anda setidaknya dua kali selama kehamilan untuk pemeriksaan dan pembersihan.

58. Pentingnya pernapasan diafragma untuk ibu hamil:
Pernapasan diafragma merangsang sistem saraf parasimpatis, yang menenangkan tubuh. Memberikan efek lebih santai para perempuan selama persalinan dan melahirkan, terutama kepada wanita yang belum punya pengalaman hamil sebelumnya.

59. Bernafas dengan satu lubang hidung dan manfaatnya:
Sesekali bernafas melalui satu lubang hidung sampai lima repetisi untuk membantu mendinginkan sinus dan membawa keseimbangan kedalam kedua sisi hidung.

60. Perhatikan kenaikan berat badan selama kehamilan:
Konsultasikan kepada dokter atau bidan anda, untuk melihat batas wajar kenaikan berat badan. Apabila berlebihan, itu tidak sehat bagi anda dan bayi, demikian juga sebaliknya.

61. Jumlah kalori yang harus dikonsumsi wanita hamil yang sehat pada umumnya:
Jumlah rata-rata kalori wanita hamil harus mengkonsumsi sekitar 1800 kalori. Wanita yang aktif berolahraga selama satu jam atau lebih sehari harus mengkonsumsi 2400 kalori. Asupan kalori harus ditingkatkan sebanyak 350-450 kalori perhari selama trimester kedua dan ketiga.

62. Lima tips untuk menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan:
1. Makan makanan yang memadai. Melewatkan satu sesi makan dan kemudian balas dendam (menambah porsi) diwaktu makan berikutnya hanya akan membuat kepala anda sempoyongan.
2. Minum setidaknya delapan gelas air setiap hari, karena rasa haus dapat diartikan sebagai rasa lapar, sehingga menyebabkan anda mengkonsumsi kalori yang seharusnya tidak perlu.
3. Pilih makanan yang tinggi serat, rendah lemak, dan rendah gula karena makanan berlemak dapat membuat anda merasa lelah, dan makanan manis meningkatkan insulin secara berlebihan.
4. Rencanakan jadwal makan anda jauh hari sebelumnya, lengkap dengan menunya untuk menjaga gizi yang seimbang.
5. Hindari makan dengan orang-orang yang membuat anda ingin makan secara berlebihan. Apalagi kalau berkumpul sambil menggosip, makanan yang masuk mulut tidak terhitung deh.

63. Beberapa makanan yang harus dihindari selama kehamilan:
Jangan makan makanan laut yang mentah, makanan tidak terjamin kesterilannya, keju lunak, dan jangan makan telur berlebihan, terutama kuningnya.

64. Latihan meningkatkan kemampuan ibu untuk menangani stres akibat panas:
Berolahraga secara teratur membantu untuk meningkatkan aliran darah ke kulit yang pada gilirannya membantu mengusir panas. Olahraga juga menurunkan ambang suhu untuk berkeringat.

65. Waspadai gejala overtraining:
Beberapa gejala overtraining meliputi kelelahan, sakit, kehilangan motivasi, rentan cedera, dan infeksi umum. Terlebih lagi sisi negatifnya dapat mempengaruhi bayi dengan terbatasnya pasokan oksigen dan nutrisi.

67. Hindari tekanan pada pembuluh darah selama trimester kedua:
Hal ini penting untuk menghindari tekanan pada pembuluh darah, karena mengganggu aliran darah sampai ke jantung dan paru-paru dan hasilnya darah juga berkurang kepada bayi. Jadi kenakan pakaian olahraga yang longgar, pakailah aksesoris seperlunya

68. Kembangkan kebugaran bersama keluarga seumur hidup anda:
  • Rencana waktu olahraga keluarga setidaknya dua minggu sekali.
  • Pilih kegiatan yang memungkinkan semua anggota keluarga untuk berpartisipasi.
  • Mengikuti prinsip-prinsip latihan yang baik, termasuk pemanasan, pendinginan, dan peregangan.
  • Sertakan anggota keluarga lainnya.
  • Tekankan pentingnya fungsi olahraga untuk bersenang-senang.
  • Gunakan aktivitas fisik sebagai hadiah, bukan makanan.
  • Tidak ada salanya menari dan menyanyi dengan keluarga Anda.
  • Menyediakan ruang kecil di halaman anda untuk olahraga, setidaknya sediakan alat-alat olahraga ataupun fasilitas lainnya.
  • Selalu siapkan sayur dan buah segar untuk cemilan keluarga
  • Ambil liburan yang sedikit menantang, seperti camping, hiking ataupun sekedar berjalan dialam bebas

Penting: Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar