Senin, 09 Januari 2012

Mencapai Target dan Tetap Mempertahankannya



Mengatur program latihan tergantung pada tujuan anda. Jika anda hanya mencoba untuk menurunkan beberapa kilo berat badan, anda dapat mencapainya dengan satu program sederhana seperti; mengkontrol kebiasaan makan atau tiga puluh menit latihan kardio selama beberapa minggu. Melakukan keduanya akan meningkatkan hasil inginkan secara lebih cepat. Beberapa orang melakukan diet dan berhasil mengurangi berat badan sesuai dengan yang mereka inginkan, tapi tidak berapa lama kebiasaan makan kembali lagi seperti sebelumnya tanpa mereka sadari. Berat badan juga kembali seperti semula sambil bertanya-tanya apa kira-kira penyebabnya. Ketika anda melakukan diet, anda perlu membuat perubahan permanen, bukan hanya bersifat sementara! 
 
Poin yang terpenting disini adalah MEMPERBAIKI / MEMBIASAKAN POLA MAKAN SEHAT!


Dengan gaya hidup yang serba cepat saat ini dan semua makanan cepat saji yang tersedia, membuat sulit untuk menjaga kebiasaan makan yang tepat. Dibutuhkan kerja ekstra dan perencanaan, tetapi kenyataannya tidak semudah itu melakukannya setiap waktu. Terkadang kita sudah membeli makanan sebelum kita menyadari bahwa apa yang barusan kita beli hanyalah ‘setumpuk sampah’.
Menikmati fast food memang kelihatannya sangat menyenangkan, tapi pernahkan kita sadar betapa fast food juga sangat menyakiti kita?! Seandainya kita sadar seberapa tinggi kandungan sodium didalamnya, maka kita tidak akan heran mengapa begitu banyak penderita hipertensi saat ini. Sebuah penelitian menemukan salah satu makanan cepat saji yang mensuplai sodium tiga kali lebih banyak dari kebutuhan harian anda (bayangkan, hanya dalam sekali makan!).

Musuh lain yang kita hadapi bukan cuma fast food, tapi juga berbagai makanan olahan! Semua protein dan nutrisi diproses keluar, kita dibiarkan bodoh dengan menikmati makanan yang padat kalori, tanpa memperdulikan pencernaan dalam kesulitan besar akibat banyaknya zat pengawet yang terdapat didalamnya. Tipu daya iklan juga kita toleransi akibat embel-embel kesehatan. Permen gula tinggi kalori juga kita klaim permen kesehatan hanya karena iklan, sungguh kenyataan yang menyedihkan!


Semua kita bertanggung jawab atas kesehatan kita. Tapi bukan cuma itu, kita juga bertanggung jawab terhadap kesehatan orang-orang yang kita kasihi. Kita harus pintar mencermati makanan, bukan cuma berdampak pada berat badan, tapi juga yang berdampak besar terhadap kesehatan kita dikemudian hari. Kita perlu proaktif dan belajar apa yang ada dalam makanan yang kita makan, mendidik diri kita sendiri untuk mengetahui perbedaan antara makanan yang baik dan buruk, tidak hanya akan memastikan kita makan lebih baik tetapi kita telah menyelamatkan nyawa juga.
 
Dengan menetapkan tujuan yang ingin dicapai, maka dapat meningkatkan peluang kita untuk sukses. Tapi peluang itu bisa hancur hanya karena kesalahan pada langkah-langkah kecil.
Sedikit tips; jika anda ingin menurunkan berat badan sebanyak tiga puluh kilogram, maka tentukan target anda sebanyak lima kilo saja. Ketika target itu tercapai, anda akan tetap berada dalam pemikiran positif untuk mencapai target-target berikutnya.


Stay Health, Keep Well!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar